TEKNIK PESAWAT RADIASI

BAGIAN-BAGIAN PESAWAT RONTGEN

  • TABUNG RONTGEN

PRINSIP KERJA TABUNG RONTGEN

TUBE LABEL

TABUNG RONTGEN DIBUAT HAMPA UDARA BERISI ANODA DAN KATODA

  • RUMAH TABUNG

 

  • KEPALA TABUNG

  • ANODA

ANODA YANG MASIH BARU

ANODA YANG SUDAH RUSAK (TERDAPAT LUBANG-LUBANG BEKAS TEMBAKAN ELEKTRON)

TABUNG RONTGEN DENGAN ANODA PUTAR

Anoda putar memungkinkan elektron tidak tertuju pada satu titik sehingga pesawat tidak cepat panas dan membuat pesawat lebih awet

 

TABUNG RONTGEN DENGAN ANODA DIAM

Kelemahan tabung rontgen dengan anoda diam ini adalah pesawat mudah rusak karena elektron hanya tertuju pada satu titik pada anoda.

  • KOLIMATOR

kolimator berfungsi sebagai pengatur kolimasi (luas lapangan penyinaran)

  • PENDINGIN TABUNG

  • MEJA KONTROL

meja kontrol terletak dibelakang shielding, berfungsi mengatur faktor exposi dan melakukan expose.

  • MEJA PEMERIKSAAN

gambar meja pemeriksaan tanpa tutup atas.

Tempat memasukkan kaset dibawah meja pemeriksaan.

BUCKY STAND

 

3 responses to “TEKNIK PESAWAT RADIASI

  1. keuntungan dan kerugian menggunakan grid itu apa ya kak???????

  2. Keuntungannya kontras radiografi akan bagus. Grid itu dipakai saat kV yang digunakan tinggi (objek tebal). Penggunaan kV tinggi menyebabkan radiasi hambur yang tinggi.
    Radiasi hambur itu akan menyebabkan kontras menurun, maka itulah dipakai grid.

    kekurangannya, untuk dapat nilai densitas yang sama, dibutuhkan sinar yang lebih besar. Selain itu, yang dikhawatirkan adalah magnifikasi (ingat prinsip magnifikasi). Contoh kasus adalah foto thorax. Bukankah foto thorax lebih baik tanpa grid? Tanpa grid, objek akan benar2 menyentuh IR kan? *cmiiw*
    Oiya, penggunaan grid dapat juga menyebabkan bayangan underexpose (note:jika kVnya tidak dinaikkan)

  3. abdul rahman

    maaf ya pak saya pakai info untuk transfer knowladge

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s