Perbedaan Foto BNO dengan Foto Polos Abdomen ???


sering kali foto BNO dan foto polos abdomen (FPA) selalu disamakan, misalnya ada istilah “BNO 3 Posisi” sebagai penyamaan dari “Abdomen Polos 3 posisi”… padahal sebenarnya, istilah itu jelas salah karena foto BNO dan foto polos abdomen itu berbeda.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan antara foto BNO dan foto polos abdomen

1. Foto BNO

Foto BNO atau Blass Nier Oversich *dalam bahasa inggris disebut KUB (Kidney Ureter Bladder)* adalah foto didaerah abdomen untuk melihat tractus urinaria dari nier (ginjal) hingga blass (kandung kemih). Pemeriksaan dilakukan DENGAN PERSIAPAN. Biasanya indikasi pemeriksaan ini adalah batu ginjal. Pemeriksaan kompleksnya adalah BNO IVP yang menggunakan media kontras. Tujuan dari persiapan BNO adalah untuk membersihkan rongga abdomen dari udara dalam usus yang dapat mengganggu gambaran foto BNO. Persiapan yang dilakukan yaitu puasa dari malam sebelum pemeriksaan, meminum obat pencahar, dan tidak banyak bicara dan tidak merokok selama sebelum pemeriksaan.

PS : untuk foto BNO, luas lapangan penyinaran atau kolimasinya harus mencakup daerah ginjal hingga blass yaitu titik pusat sinar (CP) berada di daerah umbikus dan batas bawahnya adalah simfisis pubis.

postingan mengenai BNO IVP bisa klik disini

 

 

2. Foto Polos Abdomen (FPA)

Foto Abdomen adalah foto didaerah abdomen untuk melihat Gastro Intestinal, disebut juga foto abdomen polos. Indikasi pemeriksaan ini salah satunya adalah untuk melihat ada atau tidaknya udara bebas dalam rongga perut. Pemeriksaan lengkapnya ada ABDOMEN 3 POSISI yaitu foto abdomen yang dilakukan dalam 3 proyeksi atau posisi yaitu ABD AP, ABD setengah duduk, dan ABD LLD (Left Lateral Decubitus). Foto abdomen diperlukan untuk indikasi abdomen akut yaitu pemeriksaan yang memerlukan tindakan segera.

postingan mengenai pemeriksaan Abdomen 3 Posisi, bisa klik disini

1 Comment

Filed under Teknik Radiografi

One response to “Perbedaan Foto BNO dengan Foto Polos Abdomen ???

  1. Ohh.. saya pikir pmeriksaan Abdomen sma BNO sama.. ternyata beda ya..
    Mkasih ya kak atas infonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s